Kamis, 17 Desember 2009

Mempercantik Notes 8.5 dengan themes

salah satu hal yang paling saya suka dari aplikasi apa saja yang saya pergunakan sehari-hari adalah "saya bisa melakukan perubahan/kustomisasi dari aplikasi itu".
nah di notes 8.5 sekarang sudah support untuk perubahan dari notes clientnnya detail hingga ke themes dari notes clientnya itu sendiri.
yang saya lakukan adalah:
  • open notes client 8.5 dan buka widgetsnya. caranya File - Preferences - Widgets - Show Widgets xxx... diberi check mark (centang).
  • Lakukan proses add Widgets Catalog seperti pada link berikut ini: http://lotus-blogs.blogspot.com/2009/01/implement-new-themes-for-lotus-notes-8.html.
  • sampai disini memang sudah ada themes yang bisa anda pilih. sementara, saya coba dengan natural (warna hijau).
  • tapi, masih belum cukup kayaknya, kemudian saya coba change default fontsnya agar lebih rapi, caranya pilih File - Preferences - Basic Notes Configuration
  • kemudian click di Default Fonts.
  • ganti semua jenis combo box dengan segoe ui kecuali yang monospace. untuk monospace saya pergunakan courier (bukan courier new). untuk yang menggunakan linux/opensuse bisa cari substitute dari font segoe ui di internet atau download ttf dari segoe ui di internet dan copy kedalam folder /usr/share/fonts.
  • kemudian restart lotus notesnya.
  • sampai disini sebetulnya sudah cukup baik tampilan lotus notesnya, akan tetapi bila masih kurang bagus juga menurut kita sendiri, ada baiknya install feature/widgets berikut ini: http://noteswidgets.com/widgetcatalog.nsf/ba41eb819360187085257384004c8d0f/0b19d4cec2f87566862574b30047de85?OpenDocument
  • install CSS Inspector Tools dan download/export kedalam bentuk file CSS di c:\ atau direktori apa saja.
  • kemudian, customize file css tersebut sesuai dengan keinginan kita.
  • setelah selesai customize file tersebut, cari lah file com.ibm.rcp.ui.themes.notes_1.0.2.jar di folder {direktori lotus install}\framework\shared\eclipse\plugins (untuk windows) atau pada folder {home user}\lotus\notes\data\workspace\applications\eclipse\plugins (untuk opensuse/linux).
  • copy file tersebut ke folder lain, kemudian unzip file tersebut.
  • nah, pada hasil extractnya, carilah pada themes mana saja yang akan diganti/customize sendiri oleh anda.
  • replace isi file global.css dengan hasil customize css yang sudah anda lakukan
  • setelah selesai, zip kembali hasil extract tersebut menjadi satu file zip baru (tidak mengikutkan path awalnya). kemudian rename .zip menjadi .jar. copykan kembali ke folder asli dari file tersebut.
  • terakhir, restart lotus notes anda dan gunakan theme hasil customize anda sendiri.
saya sendiri lebih suka menggunakan theme natural dan customize sedikit di themesnya jadinya, bentuk lotus notes 8.5 inbox saya seperti ini


dan calendar/to do/contacts lainnya dengan bentuk yang sesuai dengan selera saya sendiri. mudah2an akan ada lebih banyak lagi widgets maupun themes di internet yang bisa didownload untuk notes 8.5 mail client...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar