Senin, 21 Desember 2009

Compress static file dengan gnu zip di domino

untuk yang biasa membuat webdevelopment, biasanya seringkali dilakukan proses compression terhadap file static dalam bentuk gzip format, agar file yang ditransfer ke client dari web server menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya sehingga mempercepat webpage tersebut.
buat php programmer, tentunya tidak asing lagi dengan
ob_start("ob_gzhandler");
dimana proses compression dari webpage dilakukan secara on the fly pada file php.
atau, bisa juga dilakukan oleh webserver untuk proses compression bandwith pada static file (images/javascript/css/dll).
gimana dengan domino ?
bisa dicoba dengan cara ini:
  1. file static yang akan diakses dari webbrowser, sebaiknya dicompress lebih dahulu dengan menggunakan gunzip atau bisa coba download freeware di http://www.gzip.org. agar memudahkan kita dalam memanage file static yang akan dicompress kedalam format gzip adabaiknya diberi akhiran khusus. contoh untuk file javascript diberikan extension : *.js-gz, untuk css: *.css-gz. perhatikan juga, bahwa ukuran file akan mengecil.
  2. file-file tersebut kemudian dimasukkan kedalam folder \domino\html ...
  3. buat website rule yang akan mengirimkan header dari file tersebut ke client. isikan dengan auto overwrite header content dengan: Content-Encoding dan value adalah gzip.
secara teknis, domino akan mengirimkan file tersebut ke webbrowser dengan tambahan header, bahwa file tersebut adalah file yang tercompress dalam bentuk gzip.
kemudian webbrowser akan mentranslate/uncompress file tersebut.
bisa anda coba perhatikan dengan menggunakan firefox dengan addons firebug, besar kemungkinan akan ada perbedaan dari ukuran static filenya.
slamat mencoba....

1 komentar:

  1. Halo Azhar,

    kamu sudah gabung di pages khusus untuk komunitas pengguna Lotus Software Indonesia di Facebook? URL-ya ada di blog saya.

    Thanks

    BalasHapus